/ Selasa, 02 Februari 2016

Tulang Sehat untuk Masa Depan ...


Akhir-akhir ini saya sedang cukup serius berolahraga, dari mulai fitness, yoga, aerobik, sampai zumba. Saya pun berusaha meperbaiki asupan makanan, namun ada beberapa makanan serta minuman yang memang saya kurang suka, salah satunya adalah susu.

Sekitar beberapa bulan lalu saya melakukan cek tulang dan hasilnya saya berada di zona kuning yang artinya saya sudah berada di tahap yang tidak aman menuju ke osteoporosis. Wah!, alasan punya tiga anak yang dua diantaranya adalah laki-laki bukan lah hal yang menenangkan. Saya harus bisa mengubah hal tersebut dan memperbaikinya. Saya ingin punya tulang yang sehat dan kuat agar saya bisa menikmati hidup bersama keluarga terutama ketiga anak saya.

Kebetulan sekali pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2016 yang lalu The Urban Mama bekerjasama dengan Protecal mengadakan acara bertajuk Fun Yoga, Investment to a Healthy Bone. 

Acara dibuka dengan sesi yoga bersama instruktur Lusiana beserta asistennya Felizia. Gerakan yoga dipusatkan pada gerakan-gerakan yang membantu tulang menjadi kuat. 

Berikut ini beberapa foto kegiatan fun yoga yang di adakan di Comma Indonesia, One Wolter Place, di jalan Wolter Monginsidi, Jakarta.



mba Lusi sibuk membantu para peserta fun yoga



Selesai beryoga, kami semua mendengarkan sesi presentasi dari mba Fransica Emi selaku Brand Officer dari Konimex mengenai peran Protecal dalam membantu kesehatan tulang kita.

Dari presentasi mba Emi kami mengetahui bahwa tulang kita hidup dan setiap hari tubuh memecah tulang dan membentuk tulang muda. Dengan bertambahnya usia akan semakin banyak tulang yang dipecah daripada tulang muda yang dibentuk, jadi, tanpa konsumsi makanan yang tepat dan olahraga teratur, tulang bisa menjadi rapuh hingga menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Apa itu Osteoporosis?

Sesuai dengan namanya osteoporosis artinya adalah porous bone atau tulang yang berpori/berlubang-lubang, yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat berkurangnya kualitas dan kepadatan tulang.


kiri: tulang normal, kanan: tulang yang osteoporosis (sumber)

Osteoporosis meningkatkan peluang terjadinya fracture atau retak pada tulang misalnya tulang panggul atau pergelangan tangan.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tulang yang rapuh karena kerapuhan tulang itu terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan biasanya tanpa gejala dan rasa sakit. Wah, saya jadi sedikit cemas nih. Seperti saya ceritakan di atas, saat beberapa bulan lalu periksa tulang saya memang sudah diingatkan bahwa saya berada di zona kuning namun sejak terakhir cek tulang itu saya tidak terlalu melakukan banyak hal yang bisa membuat tulang saya sehat demi investasi masa depan. This is a wake up call, sepertinya ...

Mba Emi dari Konimex sedang menyampaikan tentang kesehatan tulang

sehabis yoga para peserta memilih duduk nyaman di lantai sambil mendengarkan presentasi mba Emi.

Mencegah Osteoporosis

Kabar kurang baiknya adalah wanita memiliki faktor resiko osteoporosis lebih tinggi karena adanya penurunan kadar hormon estrogen terutama setelah menopouse. Estrogen membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Namun kabar baiknya, dari sekarang kita bisa berinvestasi untuk kesehatan tulang masa depan dengan melakukan olahraga teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat serta minum suplemen.

Direkomendasikan untuk melakukan olahraga sekitar 30 menit setiap hari secara teratur misalnya olahraga yang menguatkan tulang seperti yoga dan latihan beban.

Kalsium dan vitamin D juga berperan sangat penting dalam mencegah osteoporosis.

Kebutuhan kalsium rata-rata orang dewasa Asia adalah 1.000 mg per hari dan rata-rata yang dikonsumsi adalah 450 mg per hari. Kekurangan tersebut bisa dicukupi dengan suplemen kalsium.

Salah satu suplemen kalsium yang bisa membantu orang yang terkena osteoporosis adalah Protecal Osteo. Suplemen ini memberikan suplai kalsium serta vitamin D dan K yang diperlukan untuk mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Ada juga Protecal Defense dan Protecal Solid yang memiliki kekhususan lainnya. Silahkan cek langsung di sini untuk mengetahui rinciannya.

Nah, makanan apa saja yang bisa membantu kita untuk memiliki tulang yang lebih kuat? ada bayam, brokoli, kacang almond, bok choy, dan masih banyak lagi.

Yuk, fitmama, mulai berinvestasi demi tulang yang lebih kuat dan sehat untuk masa depan :)

habis ngemil langsung minum suplemen Protecal ;p

33 komentar :

  1. iih aku dari dulu pengen banget nyobain yoga mba...
    tapi takut ga bisa hihihi
    kayanya seru yaa dan sehat.. :D

    BalasHapus
  2. Cobain aja Des, yoga pemula aja dulu, enak lho, beneran. Aku yg dulu punya masalah back pain jadi berkurang :)

    BalasHapus
  3. wah kayaknya seru mba,tapi itu ga sakit mbak?
    btw tfs :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sekali ngga anissa, instrukturnya pasti akan bantu kalau ada yang merasa sakit atau kurang nyaman :)

      Hapus
  4. Waaah...
    Jadi inget saya pernah punya masalah dengan tulang belakang mbak, em sampai sekarangsih.. Jadi kelamaan duduk, terasa panas, pegel, kadang sampai bikin sesak. Hihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama, makanya saya berusaha teratur yoga, minimal seminggu sekali..

      Hapus
  5. Di sini gak ada Yoga. :( Kalo mau yoga harus ke kota yang jaraknya 1 jam-an. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja belajar pakai video, tapi harus mulai dari yang basic banget ya, pelan2 aja..

      Hapus
  6. mang lembu nih yg paling demen liat ginian haha

    BalasHapus
  7. Sya sama sekali belum pernah ikut yoga,hehe

    BalasHapus
  8. Wuaaah..saya termasuk yang tidak melakukan olahraga teratur (bahkan hampir tidak melakukan), makanan penunjang pun jarang dikonsumsi paling banter yaa, makan bayam :(

    BalasHapus
  9. dengan tulang yang sehat maka masa depan kita akan lebih berwarna, maka olah raga rutin adalah sousinya jika menginginkan tulang yang kuat ya kak?

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. yuk yuk mulai investasi kesehatan tulang Yun ;p

      Hapus
  11. Sayang kemareng ngga sempet cek tulang huhuhu

    BalasHapus
  12. aku suka banget sama yoga, tapi suka males olahraga kalo ga ada temennya. *alibi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha sama kon win, aku juga sering nyari temen kalo mau olahraga ;p

      Hapus
  13. Asik banget ya acara Fun yoga gitu, apalagi rame-rame..
    Selalu pengen nyobain olahraga satu ini hihi

    BalasHapus
  14. Aduh, keropos tulang yah? Jadi was-was karena aku tuh males banget olahraga, Mak :-(
    Suka sih, tapi ga konsisten, alhasil ga olahraga sama sekali. Hiks.
    Jadi makin waspada deh. Cuss langsung lari ah ntar hehehe

    BalasHapus
  15. Penasaran banget sama aktivitas yoga mbak. Ingin nyobain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yuk cobain, sehat dan seger loh ;p

      Hapus