/ Selasa, 29 Maret 2016

Daun Miana Untuk Stamina


ilustrasi


Senang berolahraga dan ingin meningkatkan stamina?. Alih-alih mengkonsumsi suplemen berbahan kimia, kenapa tidak coba meminum ramuan daun Miana?. 

Ini saran pribadi loh, karena waktu masih kecil, saya ingat sekali, almarhum papa saya sering membuat daun Miana yang berwarna ungu ini untuk diminum. 

Saat itu saya merasa jijik melihat tampilan minuman papa itu, hasil perasan daunnya berwarna ungu pekat dan kental, lalu dicampur dengan telur ayam kampung mentah dan madu, glek, langsung diminum begitu saja oleh papa. Iyuuhh....

Namun karena sering melihat papa meminumnya, saya jadi penasaran dong akan fungsi daun yang dikenal juga sebagai daun Jawer atau daun Iler ini.

Ternyata menurut papa, daun Miana atau Mayana ini punya fungsi untuk meningkatkan stamina tubuh. Yup, papa saya bekerja dengan mengandalkan tak hanya otak tapi juga fisik. Beliau mendisain serta membuat sendiri beragam furnitur di bengkel mebelnya. Pernah suatu kali papa saya pergi ke dokter dan diperiksa ini itu lalu sang dokter berkomentar, "bapak atlit, ya?" hihihi, sampe disangka atlit tuh bokap gw karena seringnya beraktifitas fisik.

Jujur saja, setahu saya belum ada penelitian klinis mengenai fungsi daun ini, namun mengingat pada masa itu belum banyak suplemen kesehatan dan stamina yang dijual bebas, dan melihat pemakaian papa tehadap daun tersebut yang bisa dibilang belasan tahun, saya percaya bahwa salah satu khasiat daun Miana adalah untuk meningkatkan stamina tubuh.

sumber
Saya sendiri bukan peminum Miana karena tak kuat dengan rasanya yang pahit. Sempat beberapa kali dicekokin papa saat jaman kuliah dan sering kecapekan. Tapi ya itu aja, kalau dibuatkan ya saya minum, sambil tutup hidung pula, tapi kalau tidak dibuatkan ya saya nggak minum, hehehe..

(duhhh, kok nulis ini malah berkaca2 karena ingat alm papa yang super perhatian sama anak perempuannya yang model begini ini, huhuhu.., missed you so d*mn much pa..) - abaikan paragraf ini ya..

Buat kalian yang ingin mencoba, ini dia ramuan Miana resep dari Johny Ligouw, the best dad, ever! :)

1. Ambil beberapa lembar daun Miana, kurang lebih 7 lembar, cuci bersih dengan air matang, lalu tumbuk dengan menggunakan ulekan. Agar hasilnya bersih dan tidak tercampur dengan bekas-bekas di ulekan, bisa lapisi ulekan dengan plastik bening.

2. Remas dan saring hasil tumbukan daun Miana tersebut, biasanya akan menghasilkan sekitar 3-4 sendok cairan ungu kental. Boleh ditambahkan sedikit air matang jika mau, taruh di gelas kecil.

3. Ambil 1 butir telur ayam kampung, campurkan ke dalam gelas.

4. Tuang 1-2 sdm madu asli, aduk hingga berbusa, daaannnn..., siap diminum!

Setahu saya, selain untuk stamina, daun ini juga bisa untuk pengobatan wasir, demam, dan bisul.

Selamat mencobaaa..

***

32 komentar :

  1. Beberapa kali lihat daun ini. baru tahu namanya miana dan berkhasiat pula. Makasih infonya, Mba Zata. Aku lagi semangat menuju sehat, kayaknya pengin coba tips ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk cobain mba, aku juga kayaknya mau coba lagi nih, gapapa pait yang penting sehat, ya kan...

      Hapus
  2. Kami di kampung menyebutnya daun jawer kotok. Alhamdulillah kami juga ada nanam. Bukan buat stamina tapi buat obat anak saat sakit...

    Tapi sapa tahu udah tahu gini bisa nginfoin ke suami dan anak karang taruna di kampung. Hahaha..

    Yuk kita lanjut kencan cantik kuta seharian ini ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk, yukkk..

      mbtw seneng tadi ketemuan sama mba Okti :)

      Hapus
  3. Aye ayeeee, aku idem sama mbak Haya... Mau nyobak juga, secaraaa aku juga iri to the max (dalam arti positif, yes) dg transformasi mba Zata

    Semangaaaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh Nurul mah bikin ge er, hehehe, makasihhh...

      Hapus
  4. Iih..aku punya nih tanaman ini, kirain cuma tanaman hias aja ternyata ada khasiatnya ya. Boleeh juga nih ditiru resep Papanya kak Zata.
    Thank's infonya kak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kebetulan tuh!, sipp, sama-samaaa...

      Hapus
  5. Sejak kecil aku sering lihat daun ini tapi ga tahu namanya apa. Jadi kenalan di sini deh.

    Eh, salam kenal juga ya, mbak Zata.
    TFS. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Fridaaa, makasih udah mampir, salam kenal jugaaa...

      Hapus
  6. Aku sering lihat tanaman ini,dan baru tau kalo ternyata ada khasiatnya juga. Nama tanamannya cantik banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Cin, banyak dimana2 ini, cuma belum banyak yang tahu khasiatnya..

      Hapus
  7. Pertanyaan paling pentingnya adalah, rasanya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur yah Puttt..., rasanya....gak enakkkk... ;p tapi pikirin sehatnya aja deh, hehehe...

      Hapus
  8. Wih, jadi mau hunting daun ini nih! Perlu dicoba, soalnya stamina lagi ga oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cobain gih Nov, kalo liat p[engalaman bokap dulu sih sepertinya memang ngaruh..

      Hapus
  9. Ooh baru tau ini namanya daun Miana. Di rumah ortu ada tanaman ini.
    Daunnya cantik banget ya dan ternyata berkhasiat juga :)

    BalasHapus
  10. Itu minumannya cuman daun miana doang mbak gak dicampur gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cuma dicampur air dikit, kasih telor ayam kampung dan madu, udah..

      Hapus
  11. Di halaman rumah saya juga tanam ini mbak...tapi yang daunnya full ungu semuanya...ooh ternyata bisa buat stamina yaa.. dulu ibu saya pakai ini waktu saya masih kecil,kalau masuk angin, di bakar dulu pakai minyak kelapa, asal hangat saja, terus di tempel di puser gitu.

    BalasHapus
  12. waaaah ini kudu nyari nih, eh tapi telurnya bisa skip ga yah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja kayaknya, aku juga sering nggak mau kalo dipakein telur mentah, takut munmun, heheheh..

      Hapus
  13. baru tw daun itu bermanfaat, banyak bngt di depan rumah mbak

    BalasHapus
  14. Sering banget liat daun ini. Ternyata daun yang satu ini memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  15. Saya kira cuma tanaman hias aja. eh ternyata manfaatnya keren.

    BalasHapus