/ Jumat, 17 Juni 2016

5 Tips Tetap Fit dan Kuat Berpuasa

Holaaa...

gimana puasanya teman-teman, semoga lancar, yaa..

Btw, kali ini aku mau berbagi tips tetap fit dan kuat di bulan puasa INI. Yup, pake kata bulan puasa ini karena jujur aja, di bulan puasa tahun-tahun sebelumnya, i'm struggling ;p. Sebagai seorang mualaf yang baru mulai puasa saat sudah dewasa, honestly, saya selalu berjuang mungkin lebih keras dari yang lainnya untuk tetap kuat berpuasa. Bahkan anak-anak saya yang sudah beranjak remaja malah lebih kuat berpuasa dibanding saya karena mereka sudah terbiasa puasa sejak agak kecil.

Tahun ini saya merasa berbeda. Saya jauh lebih kuat berpuasa, merasa lebih fit dan lebih segar. Ada beberapa hal yang saya perhatikan berpengaruh pada hal ini, yang pertama dan tak perlu disebuat tentu saja NIAT yang kuat, ya, lalu tips lainnya a la saya adalah:

1. Sahur secukupnya namun lengkap
Yes. Dulu-dulu, saking takutnya nggak kuat puasa, saya justru makan banyak-banyak, terutama nasi dan lauk-pauknya, tapi apa yang terjadi? selain kekenyangan dan perut menjadi sangat tidak nyaman, saya, kok, tetap lapar yah saat menjelang makan siang?, apalagi sore hari, duhhh..

Akhirnya, tahun ini saya membiasakan makan secukupnya. Nasi hanya beberapa sendok, lauk pauk secukupnya, buah-buahan (kadang saya ganti dengan jus), dan 7 buah kurma.

Saat ini saya sedang mengkonsumsi kurma dari CNI yang khusus dikeluarkan untuk bulan Ramadan ini. Rasanya legit dengan kulit buah yang tebal namun lembut. Yummm...


Kurma favorit saya dari CNI, lebih lembut, tebal, dan legit...

2. Olahraga ringan. 
Kalau saya pribadi, semakin malas bergerak dan tidur-tiduran saat puasa, tubuh saya terasa makin lemas dan makin tidak bersemangat. Waktu berbuka rasanya lama sekali tiba, kayak anak-anak yang baru belajar puasa gitu deh, dikit-dikit ngelirik jam, hehehe.

Olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga (ringan) sangat pas dilakukan saat puasa, entah di pagi hari atau justru sore hari menjelang berbuka.

Kalau tak sempat melakukan olahraga, saya biasanya hanya melakukan peregangan, di pagi dan sore hari.


Yoga ringan di bulan puasa bikin makin fit, lho...


3. Berkegiatan.  
Saya biasanya akan menyibukan diri dengan kegiatan rumah tangga seperti beres-beres dan memasak. Siangnya kalau sedang tidak keluar rumah, saya akan nonton tivi, leyeh-leyeh, atau sekalian tidur siang. Sorenya baru aktif berkegiatan lagi. Entah mengaji, masak untuk berbuka, ngabuburit, atau justru bikin draft untuk tulisan di blog dan yang lainnya. Hari akan terasa sangat cepat saat kita sibuk dengan beragam kegiatan, puasa pun insha Allah tidak akan terasa berat.

4. Juice.
Selama bulan puasa ini, setiap hari saya minum jus saat sahur dan setelah berbuka puasa. Sebelum puasa saya bahkan sempat melakukan detox dengan coldpressed juice yang sangat membantu saya memulai puasa dengan baik sesudahnya.

Mau resep-resep juice buatan saya? silahkan baca artikel ini.


jus semangka buatan sendiri

5. Suplemen. 
Jika merasa asupan kita kurang, tidak ada salahnya menambahnya dengan suplemen. Setelah sahur saya biasanya mengonsumsi suplemen makanan yang membuat tubuh lebih fit dan stamina lebih baik di bulan puasa ini.

Selamat berpuasaaa....

***

12 komentar :

  1. wah sayang foto kurmanya nggak dibuka. Xiixii

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah difoto tapi lupa nyimpen di folder yang mana, hehehe..

      Hapus
  2. Aku juga kalau sahur pakai kurma mb, ga pas buka aja. Kurma bikin tubuh lebih fit. Cuman sekarang aku jarang olahraga, biasany berenang bareng jadwalnya anak2. Selama puasa renangnya libur huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama, kok, aku sesempetnya aja juga :)

      Hapus
  3. wah, kalau penasaran sama kurmnaya bisa beli di cni ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, langsung aja beli online di Gerai CNI

      Hapus
  4. Hai, Mbak Zata. Keren tipsnya.;)

    BalasHapus
  5. Hai, Mbak Zata. Keren tipsnya.;)

    BalasHapus
  6. Kurma selalu enak dimakan bagaimanapun juga walau tanpa diolah ya Mba:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, ringkes banget, rasanya enak pula..

      Hapus