/ Kamis, 05 Januari 2017

Investasi 2017 Saya: Tulang yang Sehat


weight bearing exercise for stronger bones

Belum lama ini, di penghujung 2016, The Urban Mama bersama dengan Protecal mengadakan acara #TUMhealthymama - Investasi Tulang Sehat Untuk Masa Depan, di mana salah satu kegiatannya adalah kelas yoga dan zumba untuk para urban mama yang hadir. Acara tersebut membuat saya berpikir ulang tentang investasi yang perlu saya lakukan di tahun 2017 ini.

Yes, layaknya investasi materi yang akan mendukung kesejahteraan kita di 2017 dan tahun-tahun berikutnya, saya juga ingin berinvestasi lebih terhadap kesehatan saya, salah satunya untuk kesehatan tulang saya dan keluarga.

Kesehatan adalah aset utama kita dalam mencapai tujuan-tujuan lain dalam hidup karena tanpa fisik yang sehat akan sulit untuk mewujudkan cita-cita serta menikmati hidup dengan lebih baik lagi. Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk berinvestasi pada kesehatan?

"Sudahkah kita berinvestasi pada kesehatan?"


Jleb, saya cukup tertohok mendengar pertanyaan di atas. Apa yang sudah saya lakukan, ya? sepertinya banyak, tapi jujur saya, tidak konsisten. Kadang sebulan penuh saya bisa mengatur makan sehat untuk keluarga, rajin nge-gym, yoga, dan zumba, lalu bulan berikutnya mengendur, bulan berikutnya lagi bahkan berantakan, boro-boro olahraga, makan saja sudah asal. Lalu bulan ketiga mulai lagi kembali on track, begitu seterusnya. Duhhh, nggak banget, deh, pokoknya...

mba Fransisca Emi dari Protecal berbagi ilmu soal kesehatan tulang.

Para Urban Mama yang hadir di acara #TUMhealthymama

Dalam acara #TUMhealthymama yang lalu, saya kembali diingatkan untuk kembali serius berinvestasi pada kesehatan. Caranya? antara lain dengan olahraga teratur, makan makanan yang bergizi, minum cukup air putih, dan menghindari stress.

Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tulang kita. Penting sekali menjaga kesehatan tulang karena tulang adalah penopangtubuh yang utama. Tanpa tulang yang sehat tubuh tidak akan mampu beraktivitas dengan baik. Di dalam tulang terkandung kalsium yang menjaga tulang tetap kuat.

Lalu, apa yang perlu kita lakukan demi tulang yang sehat?.  Konsumsilah makanan kaya kalsium dan vitamin D, olahraga teratur, dan tentu saja tetap mejaga gaya hidup sehat.

Kepadatan tulang sangat berkaitan erat dengan osteoporosis. Tulang kita hidup dan setiap hari memecah dan membentuk tulang muda. Dengan bertambahnya usia, situasi menjadi sedikit tidak bagus karena akan ada lebih banyak tulang yang dipecah ketimbang tulang muda yang terbentuk.Nah, hal ini lah yang memicu terjadinya osteoporosis.

Osteoporosis meningkatkan peluang terjadinya retak pada tulang misalnya tulang panggul dan pergelangan tangan.
perbandingan tulang sehat dan yang sudah mengalami osteoporosis

Fakta lainnya adalah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tulang yang rapuh. Hal ini terjadi karena kerapuhan tulang itu terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan tanpa diiringi rasa sakit!.

Hiii, saya lumayan resah jadinya, jangan sampai saya terkena osteoporosis dan menghambat aktivitas saya mengurus keluarga terutama tiga mahluk kesayangan di rumah, apalagi yang bungsu masih balita. Jadi makin yakin untuk berinvestasi terhadap tulang yang sehat di tahun 2017 ini.

Untuk berinvestasi tentunya kita harus tahu dulu apa faktor penyebab resiko osteoporosis serta apa saja tindakan pencegahannya.

Sedentary life alias gaya hidup yang kurang aktif dan kurang gerak adalah salah satu faktor pemancing resiko.  Alkohol, genetik, faktor umur, serta kebiasaan merokok juga menjadi pemicu terjadinya osteoporosis. 

Yang bisa dilakukan untuk meminimalisir serta mencegah terjadinya osteoporosis adalah olahraga terutama angkat beban, pastikan tubuh cukup terkena sinar matahari, serta konsumsilah vitamin D dan kalsium.

yuk, kenali penyebab serta pencegahan osteoporosis ...

Kebutuhan kalsium orang dewasa adalah 1000 mg per hari sedangkan rata-rata yang dikonsumsi oleh orang pada umumnya adalah 450 mg per hari yang artinya kita masih kurang sekitar 50 persen dari yang seharusnya.

Untuk memenuhi kekurangan tersebut, konsumsi lah makanan-makanan yang tinggi kalsium, antara lain brokoli, kacang almond, dan bayam. Jikalau kita masih merasa kurang juga, bisa menambah asupan kalsium dengan mengonsumsi suplemen seperti Protecal.

Ada 4 alasan kenapa baik memilih Protecal untuk investasi tulang kita, yaitu produk yang efektif dan aman, formula solid pelindung tulang, lebih banyak pilihannya, serta harga yang lebih ekonomis. Wihh, yang terakhir penting banget tuh buat #mamahemat seperti saya, hehehe...

Yuk, yuk, mulai konsisten berinvestasi untuk tulang yang sehat, karena kesehatan yang baik adalah kekayaan yang sebenarnya.., yang diperlukan bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga demi keluarga tercinta :)


***

34 komentar :

  1. Aku suka protecal kalo lagi merasa butuh asupan kalsium lebih. Sukanya krn hrg lbh ekonomis. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan dongg..iya Noe, namanya mama2, suka klupaan kalo udah sibuk ngurus keluarga dll, jadi praktis banget kalo minum ini.

      Hapus
  2. Duuh..aku juga harus segera investasi kesehatan nih, apalagi usiaku sudah mendekati rawan. Aah, pengen hidup lebih sehat deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk sama-sama mulai hidup lebih sehat mba Ika :)

      Hapus
  3. Mba.. ada video yg lagi zumba gak? Kayanya seru deh acaranya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar ya mba Ruli, aku tanya TUM family yang lain, mungkin ada yang ngerekam...

      Hapus
  4. Aku nih dah lama off olahraga mba Zata. Pingin banget ikutan yoga atau zumba gt tp waktunya kok susah banget yaa hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia masalah kita ya mba Ophi, waktu. Tapi ya demi investasi buat masa depan, memang harus diluangkan sih mba.. ganbatte!

      Hapus
  5. whuaaa... bener banget, Mba. Kesehatan itu investasi yg luar biasa dan mahal.
    Terutama masalah tulang, penting banget, biar bisa vit nemenin anak sampai dia gede.

    Protecal ya, Mba. Oke noted banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, bener banget mba, biar bisa nemenin anak2 sampe gede yah.., aminnnn...

      Hapus
  6. Telat gak telat bunda mau beli protecal ah. Beberapa bln terakhir bunda minum Viostin DS.

    BalasHapus
  7. Makasih kakak udah diingatkan secara say udah jarang banget olah raga haha,,btw aku suka lho protecal .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-samaa.., yuk yuk sama2 olahraga lagi dan minum protecal terus ;p

      Hapus
  8. Oiya, ini penting banget. Apalagi kebutuhan kalsium wanita lebih banyak daripada pria #cmiiw
    Tfs Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap bener mba, kebutuhan kalsium perempuan memang lebih banyak dibanding pria ya..

      Hapus
  9. aku mau sehat juga...hikz tulang ini rawan kayak aku syaraf dilumbal :v
    semoga sehat2 juga mau ikutan investasinya aaahhh biar sehattr

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sehat terus ya Chaaa, apalagi kita loh punya anak balita, kudu kuat ngikutin mreka main, hihihih...

      Hapus
  10. Aku juga suka protecal mba. Soalnya rasanya enak hahaha tp skrg udah jarang sih, dah lama ga minum susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk minum lagi demi tulang kuat :)

      Hapus
  11. Nah, kadang mau minum susu malas banget, terasa kenyang.Padahal udah usia cantik gini harus ingat tulang ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Arin, musuhnya cuma males ya, hihi..yuk yuk semangat sesama usia cantik :)

      Hapus
  12. Ngeri juga ya Mbak bayangin kena ostoeporosis. Pengen awet muda lebih lama... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanya harus dijaga dan diantisipasi dari sekarang mba Diah...

      Hapus
  13. Suka takut kalo bayangin kena osteo. Amit-amit, smeoga dijauhkan dari yang satu ini. Solusinya emang kudu rajin gerak ya sama jangan lupa asupan kalsium yang cukup untuk tulang. Btw, yang ini blog khusus buat tema kesehatan ya? Bewe perdana nih ceritanya ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Eko, amit2 ya jangan sampe kena. Ho oh, ini blog khusus utk kesehatan, biar termotivasi buat makin sehat mas. Makasih yaa udah mampir :)

      Hapus
  14. ah.. aku dah lama ngga olahraga gegara kerjaan huuhhu yoga pun tak sempat lagi.. kangeen, baca ini mo semangat olahraga lagi ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk semangattt.., aku aja yang udah gak ngantor sering banget males San, hihihi..harus maksain diri emang yah...

      Hapus
  15. Betul. Belum banyak orang yang berpikir tentang investasi kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.., makasih ya sudah mampir :)

      Hapus
  16. Haduuh, kayaknya emang harus minum ini deh krn aku suka banget kopi. Menjelang usia cantik bahaya klo tiba2 tulang keropos

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss penting banget kesehatan tulang di usia kita ya mba...

      Hapus
  17. artikel ini bermanfaat buat eikeh yang sudah mulai uzur.. hehehe
    supaya TULANG sehat, harus dikasih makanan yang enak terus sama NANTULANG.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang banyak ya makannya mas Yos, hehehe...

      Hapus