/ Minggu, 05 Februari 2017

Tips Latihan Pilates di Rumah

 


Tahun 2017 ini salah satu resolusi saya adalah untuk lebih serius menjaga kesehatan, caranya antara lain dengan makin rajin berolahraga. Namun sayangnya, sebagai seorang mama dari tiga anak yang juga punya kesibukan lain selain urusan keluarga, rasanya seringkali saya tidak sempat untuk datang ke gym,  sanggar senam, atau pun pusat kebugaran lainnya.

Belum lama ini saya menyempatkan diri untuk kembali aktif berolahraga di sanggar senam YUFIMO milik sepupu saya, Cici (nama aslinya Yulianti Fitri Mokoginta). Sanggar yang berlokasi di depan PT Lucky Abadi, dekat Brimob Kelapa Dua ini mudah dicapai dengan angkot atau pun ojek online, lokasinya hanya 10 menit dari rumah saya.

Saya sangat senang karena dari hasil ngobrol dengannya, saya bisa kembali termotivasi untuk aktif bergerak dan berolahraga di mana pun saya berada. Di sanggar ini saya pun mendapat pengaruh positif dari para member serta instrukturnya yang selalu memberi dukungan yang saya (mau pun member lain) butuhkan.


Menurut Cici, sebaiknya secara berkala tetap datang ke pusat kebugaran untuk mendapat pelatihan langsung dari guru senam atau instruktur olahraga, namun saat memang tidak sempat datang ke pusat kebugaran, tak ada salahnya berolahraga di rumah, asal dilakukan dengan benar dan tepat.

Cici menjabarkan bahwa pilates dapat dilakukan oleh semua orang  baik pria mau pun wanita, tua atau pun muda. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah apabila memiliki masalah tertentu seperti kelainan di tulang belakang, ada cedera, atau sedang hamil, perlu melakukan latihan dengan pendampingan tenaga ahli.

Sebagai sepupu saya minta tip lebih, dong, dari dia agar saya dan urban mama di sini bisa berlatih di rumah dengan benar dan terhindar dari cedera.

Untuk latihan di rumah, menurutnya boleh-boleh saja asal jangan melakukan gerakan-gerakan yang terlalu ekstrim. Sebaiknya sebelum berlatih jangan lupa melakukan pemanasan sebelum mulai dan pendinginan setelahnya.  Demi hasil yang maksimal, lakukan gerakan pilates ini di pusat kebugaran mau pun di rumah secara rutin. Coba dengan jumlah hitungan yang semakin meningkat setiap harinya agar terlihat peningkatan manfaatnya.
Nah, sekarang simak, yuk, panduan mudah pilates di rumah dari Cici Yufimo ini.


Saat berada di dapur sambil menunggui masakan di kompor, sandarkan dua tangan di meja dapur lalu lakukan squat seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa kencangkan perut dan punggung tetap tegak.



Sambil menonton televisi atau menemani anak bermain di ruang tamu, lakukan gerakan-gerakan  ini di sofa. Jangan lupauntuk selalu menahan perut dan meluruskan punggung.








Coba praktekan gerakan-gerakan di bawah ini saat berada di teras dan halaman rumah. Gerakannya cukup mudah dan bisa dilakukan sambil menyapu halaman atau bermain dengan anak-anak.



SEMUA FOTO ADALAH KOLEKSI PRIBADI CICI YUFIMO

Sekian, silakan dicoba, semoga bermanfaat yaaa..

Oh ya, jika ingin tahu lebih lanjut tentang sanggar YUFIMO SLIM SPORT CENTRE silahkan invite pin bb ini ya: D3BE190B atau D11659D6

*****

23 komentar :

  1. Woooo, bisa ditiru nih. Lumayan buat stretching keknyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, gampang banget dicoba buat di rumah mba Lis, yuk, yukkk...

      Hapus
  2. Gerakan nya mudah di ikuti, ya mba Zata. Masalahnya kadang malaa gerak dan lupa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. malas itu musuh utama banget ya mba, apalagi kalo udah pewe nonton tivi, hihih...

      Hapus
  3. Ih kirain mah susyaaah gerakannya. Ternyata bisa dilakukan di rumah juga yaaa

    Thankyouuu tipsnya

    BalasHapus
  4. Gerakannya lucu ya mbak, sangat praktis digunakan di rumah, apalagi yang saat pegang sapu itu. Hahahaha, alamiah banget, ketahuan ibu-ibunya! Salam mbak, saya yelli blogger asal Aceh, sekali2 datanglah ke rumahku yellsaints.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Yelli, salam kenal, makasih udah mampir :)

      Hapus
  5. Ternyata bisa pake sapu.. Ah mudah neh mbak, saya coba ah di rumah hehehe

    BalasHapus
  6. OMG emang kalau ada niat yaaaa. apalah aku ngetik ini sambil makan pizzahut lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba May, yang penting niatttt ;p

      Hapus
  7. Kreatif banget mbak. Barang-barang di rumah bisa dijadikan alat bantu.

    BalasHapus
  8. duhhh tipsnya kece, penting nih buat buibu yg suka banyak alesan gak punya waktu buat olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa nih mba Maria, gak ada alesan yaaa, hihihi...

      Hapus
  9. Bisa nggak mba sofa diganti kasur, blm punya sofa nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja harusnya bisa dimanfaatkan mba Manda :)

      Hapus
  10. Gerakan2nya bisa ditiruin nih mbak. Cocok buat emak2 yg gk punya banyak waktu olah raga :D TFS

    BalasHapus
  11. Hmmm ...
    Padahal sangat sederhana yak, tapi banyak sekali orang yang sulit untuk Olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah niat harusnya gak ada alesan ya ;p

      Hapus