/ Jumat, 03 Maret 2017

Lebih Langsing, Fit, dan Fashionable di 2017 Bersama thefrezcika | #fitfluencer



Hai hai fit people, masih ingat kan acara reality show bertajuk Fit For Fashion yang diputar di Star World beberapa waktu lalu?. Dalam acara produksi Fitness First dan Imagine Group Entertainment ini, di musim kedua, salah satu finalisnya berasal dari Indonesia. Yup, dia adalah Cika Darnadi atau yang lebih dikenal sebagai ‘thefrezcika.’

Nah, mumpung masih awal tahun, kita ngobrol lagi, yuk, bareng Cika, biar bisa termotivasi jadi mama fit dan fashionable seperti dia :)

Awalnya, Cika merasa down setelah melahirkan anak pertamanya karena saat itu ia mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis yaitu sampai sekitar 25 kilogram. Belum lagi permasalahan rumah tangga yang sedang dialaminya. Namun hal tersebut justru membuat Cika semakin termotivasi untuk bangkit dan meraih kebahagiaan.

Penyuka olahraga ini pun langsung tertantang saat menonton acara Fit for Fashion musim pertama, ia bertekad untuk menjadi peserta di musim kedua. Wanita cantik asal Makassar ini ternyata berhasil menjadi kontestan mewakili Indonesia di musim kedua.

Mama dari seorang gadis kecil berusia 2,5 tahun tahun ini, meski tidak menang, namun berhasil mengikuti tantangan demi tantangan sampai minggu ke 7 Ia pun berhasil menurunkan sekitar 20 kilogram berat badannya dalam waktu relatif singkat. Bukan hanya berat badannya yang berubah, kepercayaan dirinya pun bertambah dan ini lah yang akan ia bagi kepada urban mama tentang pengalaman serta tip sehatnya selama mengikuti acara Fit for Fashion dan mempertahankannya sampai sekarang.

Q: Mba Cika, bisa ceritakan nggak, bagaimana perasaannya saat masuk sebagai salah satu kontestan acara Fit for Fashion musim kedua yang diadakan oleh Fitness First?

A: Happy, Excited, Nervous, and sad karena harus ninggalin anak yang baru berumur setahun selama 2,5 bulan tanpa komunikasi sama sekali. But this is a lifetime experience, I won’t missed any chance.

Q: Bagaimana acara tersebut bisa membantu Cika menurunkan berat badan dengan sehat serta meningkatkan rasa percaya diri Cika?

A: Selama karantina asupan gizi sangat ketat oleh Christine Bullock. No sweets, no cheat, plain and healthy food but tasty karena kita punya chef yang datang khusus untuk kami selama karantina. Intense workouts on and off camera, bahkan saat day off most of us still exercising at least swimming di Villa.

Yang buat rasa percaya diri saya balik lagi adalah Christine Bullock, dia benar-benar tau kondisi wanita post pregnancy dengan metabolisme yang sangat berbeda khususnya dengan proses SC. Dan Todd Tyler, he makes me really feel that I’m a beautiful person, and it helps a lot!

Q: Nah, kebetulan sekali sekarang kan sudah awal tahun 2017 dan pasti banyak orang yang punya resolusi untuk tampil lebih fit dan fashionable di tahun ini.  Bagi tips-nya, dong, buat para mama yang sedang mengalami krisis kepercayaan diri setelah melahirkan dan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

A: WOW! My favorite part. Since I’ve been there when everything happens at once within 2 years in a row, that’s my turning point that I HAVE TO STAND UP AGAIN. Perceraian dan proses kelahiran anak tidak membuat saya berhenti ataupun jalan di tempat dengan meratapi keadaan. Justru hal tersebut yang saya jadikan senjata saya untuk berolahraga. My only revenge in a good way. I burned the anger while I’m running, swimming and lifting the weight on the gym. I’ve burned the anger on the wall climbing platform and Muay Thai that satisfied me the most, that I did it to conquer myself even to be stronger than I ever thought I could be. Well, what doesn’t kill you only makes you getting stronger!

Q: Apakah hal-hal yang Cika paparkan itu doable buat para mama?. Saya pernah ngobrol dengan beberapa teman dan mereka berpendapat bahwa orang-orang yang bisa kembali langsing hanya ‘atlet’ alias orang yang benar-benar mendedikasikan waktunya untuk berolahraga, sementara sebagai seorang mama, kita biasanya punya begitu banyak aktivitas yang membuat waktu berolahraga menjadi sangat terbatas. 

A: MIND SET! Saya bukan atlit, tapi saya berlatih seperti atlit dan bahkan layaknya militer. Saya besar di keluarga besar militer yang dimana dari kecil saya dididik militer oleh ayah dan abang-abang saya. Mind set saya yang selalu saya switch ketika saya dalam keadaan drop atau down, khususnya pada saat PMS. Yeah, I’ve been there and still there. Mind Set saya adalah: SAYA HARUS SEHAT DEMI ANAK SAYA. Since I’m a single parent, if there’s something bad happen to me, I can’t imagine who will take care of my baby as good as I am as her mother. And that’s for all mamas out there….. MIND SET!

Q: Mungkin Cika bisa memberi tips tambahan khusus untuk para mama tentang manajemen waktu dan tip lainnya yang membuat para mama bisa tetap konsisten dengan rencananya menurunkan berat badan tanpa ‘mengganggu’ peran mereka sebagai mama.

A: No matter how slow you are, end result-nya adalah NIAT. One at a time. Saya selalu gunakan waktu terbaik saya pada saat anak saya sedang tidur atau berada di sekolah (playgroup) to get my me time at the gym, swimming or even running. 2 hours break from kid such a precious time for me. Anak saya baru lahir, saya olah raga di rumah  atau bawa dia ke pantai untuk berjemur tetap berolah raga dengan cara menjadikan anak saya sebagai bebannya. Sambil menyusui saya pasti squat dan lunges. Setelah selesai anak saya pangku sambil saya sit up. There’s LOTS OF WAYS to get healthy, so many optional that goes to the same goal. 

Q: Pertanyaan terakhir. Kasih tips fashion dong buat kita-kita para mama agar selama proses menurunkan berat badan.

A: Wear whatever suits you. Don’t force it just to be updated on fashion. As long that’s how to make you comfy, then wear anything you like.

Don't worry if you have a fluffy tummy, don't feel shy and embarrassed with your gummy biceps, don't feel sad when you can't lift your body on those two giant legs. Yes, they will be a big challenge to get rid of, but they will also become your biggest motivation to live a healthier life. Don’t lose confidence and don’t give yourself excuses. You need to decide that you’re going to take action and then make a change. Starting is always hard but it will be worth the fight. Just be disciplined and fight as hard as you can – you will feel a lot better about yourself!

The best outfit you wear is confident.

***** 

NOTE:
Mulai tahun 2017 ini saya mencoba untuk teratur posting dengan tema #fitfluencer yang isinya kurang lebih wawancara dan cerita dari para #fitfluencer di sekitar kita.  #fitfluencer versi saya bukan lah orang-orang ternama yang kadang terlihat jauh dari jangkauan, yang sulit diikuti dan 'too good to be true'. Mereka adalah orang-orang di sekitar yang menginspirasi kita dan banyak orang lainnya dengan cara yang masuk akal, yang tak segan berbagi ilmu dan tips demi kemajuan bersama. Semoga bermanfaat, yaaa....

20 komentar :

  1. Aku mau ketemu tante cika jh dong

    BalasHapus
  2. Semangat usaha dan kemauan yang keras itu kuncinya ya mbak. Sehingga bisa turun dengan jumlah ynag tidak sedikit dalam beberapa waktu itu luar biasa. Ahh jadi ingat pengen ikutan senam juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk semangat olahraga lagi mba :)

      Hapus
  3. Alasan aku pengen sehat juga demi anak & keluarga! Pengen mendampingi anak sampai dewasa, gede, nikah, & pny anak lagi.. Tapi ampun deh sekarang aku pemalas banget huuhuhuh yoga pun dah lama tak tinggalkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama San, gw pun demi anak dan keluarga dan pasti demi diri sendiri. duhh itu dia penyakitnya, sekali berhenti agak lama, males banget buat mulai lagi. been there done that..

      Hapus
  4. NIAT dan USAHA. jadi hal penting supaya semakin kokoh menuju satu tujuan utama. semoga sampai akhir tujuan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnn, yes betul niat dan usaha itu aja dulu yang dikuatin, sisanya jalanin aja ya :)

      Hapus
  5. salut buat cika, aku lagi berusaha pelan2 ya berubah lebih sehat dengan mengganti karbo dengan umbi2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih mba Maria, yang paling susah buat aku itu ngurangin karbo, huhuhu, ini lagi nyari pengganti yang enak...

      Hapus
  6. Semangatnya luar biasa. Aku juga mau fit terus. Mindset, niat, confident, kata-kata sakti mencapai sesuatu cita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mindset itu penting banget ya mba Windhu. Makasih udah mampir :)

      Hapus
  7. Hai mba. Aku jadi termotifasi nih biar jadi langsing. Berasa banget makin montok di bagian perut. Tapis ehat memang paling utama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes setuju mba, sehat yang utama, langsing cuma bonusnya ya :)

      Hapus
  8. Inspiratif banget nih.
    Jadi merasa ditampar krn resolusinya pengen lebih sehat tapi belum konsisten juga buat olahraga 🙈🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba arina, gak usah diforsir tapi teratur dan konsisten aja ya..

      Hapus
  9. inspiratif banget. saya rasa kegagalan banyak org nurunin berat badan krn maunya buru2. Berasa gue udah pantang ini itu, melakukan ini itu kok ya masih gemuk juga. jd brenti di tengah jalan. padahal yg dilakukan mungkin sdh benar, tp hasilnya beda2 aja sm tiap orang... Suka bgt sm interview ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mba Ria, gw setuju banget, tiap orang beda hasil, yang diperluin cuma sabar dan konsisten...

      Hapus