/ Sabtu, 01 Mei 2021

Manfaat Gua Sha Bagi Kesehatan dan Kecantikan

 


Kita sudah sering sekali mendengar tentang manfaat gua sha bagi kecantikan terutama bagian wajah, bermanfaat untuk detoksifikasi, merampingkan dan mengencangkan wajah, serta mengurangi kerutan karena gaya hidup yang tidak sehat serta bertambahnya usia. 

Nah, tak hanya untuk kecantikan saja, menurut banyak literatur, gua sha juga bermanfaat bagi kesehatan. Menurut healthline.com, gua sha memiliki beberapa manfaat kesehatan di bawah ini :


HEPATITIS B

Hepatitis B adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual atau berbagi jarum suntik. Infeksi hepatitis B merupakan penyakit yang tidak bertahan lama dalam tubuh penderita dan akan sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Kondisi ini disebut dengan hepatitis akut atau infeksi hepatitis B akut. Akan tetapi, infeksi hepatitis B juga dapat menetap dan bertahan dalam tubuh seseorang (menjadi kronis). Penyakit hepatitis B masih banyak ditemukan di Indonesia dengan angka kasus yang kian meningkat.

Infeksi hepatitis B kronis ini dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa, yaitu sirosis dan kanker hati. Oleh karena itu, penderita hepatitis B kronis perlu melakukan kontrol secara berkala ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan deteksi dini bila terjadi komplikasi. Perlu diketahui, hepatitis B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi hepatitis B. (Sumber : Alodokter)

Menurut sebuah studi kasus terpercaya (silakan lihat sumbernya di sini) penggunaan gua sha bisa meringankan penyakit ini.

@faceyogaglow

PEMBENGKAKAN PAYUDARA

Bagi ibu menyusui, gua sha bisa digunakan untuk melemaskan bagian payudara yang kaku atau bengkak karena terlalu banyak ASI yang menumpuk. Selain membuat payudara terasa lebih ringan juga bisa memperlancar keluarnya ASI.

Apakah gua sha punya efek samping? Karena gua sha adalah salah satu bentuk terapi tradisional dan terbuat dari bahan alami, harusnya tidak ada efek samping. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi kulit kita, apakah sangat sensitif sehingga dalam penggunaannya harus sangat hati-hati. Atau jika terdapat lecet atau bekas luka, sebaiknya tidak menggunakan gua sha dulu.

Menurut sebuah studi kasus penggunaan gua sha di area payudara bisa mengurangi pembengkakan dan pastinya mengurangi rasa sakitnya (silakan lihat sumbernya di sini).


SINDROM PRAMENOPOUSE

Studi kasus menunjukan bahwa penggunaan gua sha bisa meringankan gejala pramenopouse seperti sulit tidur, menstruasi yang mulai tidak teratur, kecemasan, kelelahan, sampai rasa panas di tubuh.

Gua sha sendiri terbuat dari beragam material, yang paling umum adalah dari bebatuan, namun yang tak kalah bermanfaatnya juga gua sha yang terbuat dari tanduk kerbau yang dipercaya punya manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

gua sha dari tanduk kerbau

Kesimpulannya adalah, gua sha bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesehatan kita, namun sebaiknya pelajari dan cari tahu dulu bagaimana penggunaannya dan jika dibantu penggunaannya oleh orang lain, pastikan orang tersebut adalah orang yang terpercaya di bidangnya, atau pun berlisensi/bersertifikasi.

Sampai di sini dulu obrolan kita soal gua sha, ya, tunggu artikel selanjutnya tentang bagaimana tutorial menggunakan gua sha untuk kecantikan.

*******

Tidak ada komentar :

Posting Komentar