/ Sabtu, 24 September 2016

Healthy Mama, Healthy Family ...





Kesehatan adalah hal yang sangat berharga bagi saya dan keluarga. Saat kesehatan saya sebagai seorang ibu dari tiga anak terganggu, terbayang, kan, bagaimana pengaruhnya kepada seluruh keluarga, terutama pada anak-anak.

Seperti kata Mahatma Gandhi "It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver," saya pun merasakan hal yang sama, saat diuji dengan sakit yang berlangsung lama dan sangat mengganggu aktivitas, rasanya baru benar-benar sadar bahwa kesehatan adalah kekayaan yang tak ternilai.

Jadi, sekitar satu setengah tahun yang lalu saya mulai mengalami sakit yang sangat mengganggu di bagian perut. Sakit tersebut datang menjelang, selama, dan sesudah menstruasi. Bayangkan, jika saya mengalami datang bulan selama 6 hari, lalu 4 hari sebelum dan sesudahnya saya tetap mengalami nyeri berat di perut, itu artinya dalam satu bulan, setengahnya harus saya lewati dengan menahan rasa sakit.

Sakitnya pun bukan sakit biasa, bukan sekedar mulas dan nyeri menstruasi. Jika bisa saya gambarkan, rasa sakitnya cukup luar biasa untuk ukuran datang bulan. Sakit di bagian dalam, rasanya seperti ada luka, gabungan antara nyeri, ngilu, dan perih, kadang seperti diiris-iris. Perihnya pun sampai ke kulit perut, hingga saya harus selalu memakai celana dalam dan pakaian longgar selama sedang mengalami hal tersebut. Belum lagi saat berjalan, perut saya bergoyang sedikit saja rasanya sudah sangat tak nyaman, sehingga aktivitas saya menjadi sangat terhambat.

Duhh, rasanya saya menjadi ibu yang tidak berdaya dan lemah, tidak bisa berkejaran dengan si bungsu, malas memasak untuk keluarga, enggan keluar rumah untuk aktivitas ngeblog, dll, pokoknya sangat mengganggu keseharian saya, deh...bahkan lebih parahnya lagi, saya pun menjadi orang yang moody dan pemarah :(. Okay, enough is enough, pikir saya. Saya harus melakukan sesuatu untuk menghentikan hal ini, minimal menguranginya.


Saya pun menemui dokter spesialis. Setelah menemui dua orang dokter, diagnosanya adalah ada perlengketan di bekas operasi sesar saya. Menurut dokter hal ini biasa terjadi, apalagi saya sudah tiga kali melakukan operasi sesar. Ini tidak berbahaya, namun sangat mengganggu, bahkan menurunkan kualitas hidup saya. Dokter memberi saya obat untuk diminum selama tiga bulan. Kondisi saya pun membaik, kadang masih terasa sakit, namun lebih sering tidak.

Keinginan kuat untuk menjadi mama yang lebih sehat bagi anak-anak saya membuat saya tak hanya berhenti dengan pengobatan dokter, saya pun tetap melakukan beberapa hal agar rasa sakit tidak sering datang, antara lain menjaga stamina agar selalu fit dan selama masa penyembuhan saya juga mengkonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

Ini dia 5 hal yang saya lakukan selama masa penyembuhan :

1. MAKAN SEIMBANG

Sebelumnya saya memang sudah mulai mengatur makan dan berusaha makan lebih sehat, namun saat masa penyembuhan, saya pun mulai menambah banyak asupan buah dan sayur dalam menu sehari-hari saya dan keluarga. Untuk sayur jujur saja masih agak sulit buat anak-anak, sehingga saat ini saya masih mengandalkan buah-buahan dan jus untuk asupan serat. 

Karena anak-anak kurang suka sayur, maka saya membuat strategi agar kami tetap bisa makan sayur bersama-sama. Lasagna isi bayam adalah salah satu menu yang saya pelajari dari sebuah acara bertema kesehatan.

Lasagna isi bayam, yummm...

Jus berwarna-warni pun saya buat secara teratur agar anak-anak tidak bosan. Minggu ini jus berwarna merah, minggu depan jus berwarna oranye, dan berikutnya berwarna hijau. Ini bukan proses yang mudah, kadang kala ada jus yang terbuang karena rasanya yang tidak enak, namun pelan-pelan mereka menjadi terbiasa dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat. Bahkan abang pun meminta bekal jus saat ke sekolah, senangnyaaa :D

Warnanya hijau tapi rasanya enak, lhoo...

2. TIDUR CUKUP

I am a night owl!, tidur paling cepat jam 12 malam, lebih sering jam 1 dan kadang menjelang subuh. Sangat tidak sehat, apalagi paginya saya tetap harus bangun untuk mengurus anak-anak yang hendak sekolah. Dalam masa penyembuhan, kebiasaan ini sangat tidak sehat. Saya pun harus mendisiplinkan diri untuk bisa tidur lebih cepat.

Karena saya banyak bekerja di malam hari, jadwal tidur lebih cepat yang saya atur pun saya sesuaikan, jadi tidak drastis. Jika biasanya saya tidur paling cepat jam 1, saya pun menentukan target baru, yaitu tidur paling telat jam 11 malam.

Saya pun melakukan beberapa penyesuaian dan persiapan agar bisa menaati target baru ini. Antara lain:

Membatasi kopi
Saya pun mulai membatasi kopi setelah jam 9 malam. Biasanya jam 10 malam saya masih meminum kopi dan makan karena di jam-jam tersebut lah saat yang krusial di mana kantuk serta lapar melanda. Kini, saat keinginan minum kopi datang, saya mengambil teh hijau hangat sebagai pengalih perhatian. Tidak mudah, tapi cukup berhasil.

Mematikan layar gadget
Setengah jam sebelum jadwal tidur yang saya tetapkan, saya sudah mulai mematikan komputer, laptop, dan smartphone. Namun terkadang, khusus untuk smartphone, saya hanya menggelapkan layarnya saja dan mengganti ke mode getar, sehingga suaranya tidak mengganggu namun jika ada yang menelepon saya tetap bisa mendengar getarannya.

Mandi air hangat sebelum tidur
Ritual ini sangat membantu saya untuk bisa nyaman dan cepat tidur. Kadangkala, saat belum mengantuk, saya susah untuk memaksakan diri tidur, namun dengan bantuan air hangat, semuanya menjadi lebih mudah, bahkan tidur saya pun menjadi lebih nyenyak.


3. BANGUN LEBIH PAGI

Saya biasanya bangun jam 5 lewat atau maksimal jam 6 di hari Sabtu. Namun selesai mengurus anak-anak dan suami saya biasanya akan tidur lagi karena masih sangat mengantuk dengan jam tidur yang hanya 2-4 jam itu. Sejak menerapkan tidur lebih cepat, otomatis saya bisa bangun lebih pagi dan tidak harus tidur sesudah anak dan suami berangkat.

bangun lebih pagi  di akhir pekan membuat saya bisa mengantar anak ekskul dan sempat berolahraga.

Saat bangun lebih pagi di weekdays, saya bisa bekerja di ruang kerja saya dengan nyaman bahkan biasanya saya menjadi lebih kreatif dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Di weekend, saya bisa menemani anak-anak ikut kegiatan ekstrakurikuler dan turut berolahraga juga sambil menemani mereka.

Dari pengalaman saya, bangun lebih pagi ternyata tidak hanya membuat masa penyembuhan saya lebih cepat, namun juga membuat saya lebih produktif. Di pagi hari, saat anak-anak tidak di rumah, suami sudah berangkat kerja, konsentrasi saya pun semakin bagus. Ditemani secangkir teh hangat, saya bisa bekerja di depan komputer dengan nyaman dan efektif.

Selain menyehatkan secara fisik, bangun pagi juga sangat berpengaruh bagi kesehatan mental. Dari salah satu literatur yang saya baca, "morning person" biasanya lebih positif dan optimis karena saat seseorang bangun lebih pagi, ia bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan tidak perlu terburu-buru melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan mood-nya rusak.


4. OLAHRAGA

Sejak sering mengalami sakit di perut, saya mengganti pilihan olahraga saya, dari yang sebelumnya high impact menjadi low impact.  Saat masa penyembuhan pun saya tetap melanjutkan kegiatan olahraga saya. Yoga dan jalan kaki menjadi pilihan utama. Berolahraga di pusat kebugaran tetap saya lakukan namun bukan olahraga yang terlalu berat.

Saat sedang libur atau sedang ada waktu, saya berusaha melibatkan keluarga untuk olahraga bersama. Pilih yang fun jika ingin melakukannya dengan anak-anak. Biasanya saya akan memilih jalan pagi di Jambore Cibubur atau di area Universitas Indonesia yang luas dan hijau di Depok.

Berenang juga menjadi pilihan yang pas buat saya karena saat berenang tidak ada 'benturan' yang terjadi. Saya pun bisa selalu mengajak anak-anak karena ini adalah permainan, oops, maksud saya olahraga favorit mereka :)


Saat di gym saya memilih olahraga yang minim benturan.

5. MULTIVITAMIN & MINERAL

Saat baru sembuh dari sakit, seperti kebanyakan orang lainnya, saya biasanya malas makan sehingga tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Apalagi saat masa penyembuhan dan sedang datang bulan, ada kalanya saya merasa lelah dan lemas.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut saya mengkonsumsi Theragran-M, vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit.

Setelah mengkonsumsi selama kurang lebih satu minggu, menghabiskan dua amplop Theragran-M, saya bisa merasakan khasiatnya, tubuh lebih fit, tidak selemas sebelumnya. Jadi meski pun sudah bisa dibilang sembuh namun karena mungkin kurang nafsu makan, asupan saya tidak mencukupi  sehingga tubuh berasa agak lemas.

Hal lainnya yang saya rasakan adalah saya menjadi lebih fokus. Sebelumnya, mengerjakan sesuatu seringkali lupa, misalnya saat si bungsu minta dibuatkan susu, saya berjalan ke dapur dan sampai dapur kadang lupa mau melakukan apa, duhh, engga banget, deh... mungkin karena masih kurang fit jadi begitu, ya :D. Saat bekerja di rumah, pun, semisal nge-blog dan lain-lain, saya jadi lebih efektif, banyak pekerjaan menulis yang bisa selesai lebih cepat.

Tablet salut gula yang memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral setelah sakit

Itulah hal-hal yang biasa saya lakukan dalam masa penyembuhan sehingga bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Awalnya sulit, bahkan sampai sekarang, saya kadang masih harus memaksakan diri untuk melakukan beberapa hal di atas, namun semua terbukti mendatangkan hasil. Tidak hanya saya yang menjadi lebih sehat selama recovery, anak-anak dan suami juga menjadi lebih fit dan bahagia. Dengan menjadi mama yang sehat, saya berharap bisa membuat keluarga saya, terutama anak-anak menjadi lebih sehat juga.

Dengan kesehatan yang saya miliki, saya bisa menjalani hari-hari yang berharga bersama keluarga tercinta. So, just like it says, my healthiness, my precious moment ...

****

128 komentar :

  1. Aku lagi passss olahraga huhuhu untuk skrg hamil ini seh
    Nanti abis lahiran kudu josssss ben enak cepet langsing macem dirimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar sabar ya bumilll, jaga kesehatan dan stamina terus ya biar kuat ngurusin adeknya Raffi ntar :D

      Hapus
  2. Kakak zata, kamu cantek sekali. Kapan kita yoga'an bareng geng yg lain??! Kangen kalian deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiwittt, gw juga kangen bangetttt.., kapan nih rencana trip bareng tercapai ya...

      Hapus
  3. Saya baru dengar mba yang perlengketan setelah caesar itu. Tante saya dulu sebelum ada anak nyeri haidnya parah gitu juga, setelah melahirkan udah nggak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Nita, sebelum2nya nggak pernah sakit saat haid, tapi setelah anak ketiga malah jadi sering sakit :(

      Hapus
  4. Pantesan selalu tampak fit dan seger. Cara hidupnya memang sangat sehat. Kudu nyontek Mbak Zata nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh mba Nita, makasih yaaa.. nggak juga sih mba, emang dipaksain aja buat lebih sehat karena kalo nggak gaya hidupnya berantakan banget ;p

      Hapus
  5. Pengen nyoba tapi ngeri... mengganti kopi dengan teh hijau, secara aku coffeholic banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku masih ngopi kok mba, coffeeaddict juga soalnya, tapi kalo lagi sakit dan masa penyembuhan baru deh menghindari kopi, hehehe...

      Hapus
  6. Kalo lg masa penyembuhan emang perlu banget vitamin yang bagus ya.. sip sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih gitu soalnya biasanya kalo abis sembuh sakit kan belum nafsu makan, jadi takut kurang vit dan mineral..

      Hapus
  7. Usia di atas kepala tiga disarankan olahraga yg minim "benturan" emang ya, katanya sih bagus buat kesehatan jantung.

    Dan suplemen ini saya taunya dari mertua, beliau tau keknya saya mudah lelah hahaha. Enak di badan sih emang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah iya mba Ning, inget umur juga saiah, makanya nyari olahraga yg aman dan minum suplemen juga biar lebih oke staminanya..

      Hapus
  8. Ini jd ngingetin saya juga.....terutama buat bobo cukup dan olahraga tuh..... Ya ya ya..... Siiiipp zata keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Opi, olahraga bareng di UI sama mamam ;p

      Hapus
  9. aku jg mulai ngurangin tidur larut mb, ga enk di badan..smg kita konsisten semua ya, termasuk vit nya :)

    BalasHapus
  10. Mba, bekal jus anak masih seger saat diminum di sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih. Biasanya aku bikin setengah beku, jadi siang2 udah cair tp masih dingin..

      Hapus
  11. aah mba Zata nambah lagi blognya, keren..:) tidur cukup memang penting banget ya mba,klo nggak efeknya ini itu serba males dan ga bersemangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, kalo kurang tidur sharian malah ngantuk dan malah jadi gak ngapa2in :(

      Hapus
  12. Saya kasih ibu saya vitamin ini enakan badannya, pusingnya jadi hilang. Cocok sepertinya dikonsumsi buat ibu saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Rul kayaknya utk orang dewasa dan berumur ini cocok ya buat abis sakit..

      Hapus
  13. Ternyata itu rahasia dibalik semua agar tubuh terlihat segar .
    NLP SURABAYA

    BalasHapus
  14. Kpn yaa olah raga mbaaa, aku muterin komplek doang sambil ngajak bocil :))
    Biasanya sepedahan tapi udah ngga sempet lagii.. Mba zata good luck yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan itu keliling komplek juga, yg penting gerak :)

      Hapus
  15. Pantesan kalau ayu sakit recoverynya lama banget, ternyata hal - hal yang sehat belun ayu lakukan semua nih, komponen vitaminnya lengkap banget ya, pengen ah... sebentar lagi mau punya 2 anak pasti butuh extra fit. Makasih Mbak Zata udah berbagi :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya Ayu, nanti punya balita dan baby kudu harus fit banget. Jaga kesehatan terus ya bumil kesayangannnnn....

      Hapus
  16. Tips yang bermanfaat!
    Multivitamin memang penting. Apalagi kondisi sekarang yang gampang menularkan penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Lia, multivitamin emang penting banget...

      Hapus
  17. Multivitamin dan olah raga, seringnya aku abaikan begitu saja. Pantaslah kalau udah sakit, terus sembuh, kecapekan sedikit sakit lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan sampe diabaikan ya mba, penting banget, tuh..

      Hapus
  18. pokoknya selalu hidup sehata ya bu, olahraga teratur dan seimbang..suka klo liat blogger lifestyle seperti ini

    BalasHapus
  19. Olahraga...olahraga....entah kenapa bener2 butuh usaha yaak, buat menghalau rasa mager ini...huwooohhh #Ganbatte

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang pe errr banget ini mba Ipeh, saya pun sering malazzz..

      Hapus
  20. oke ini rahasia sehat dan cantik ala Zata, follow ah *kedip

    BalasHapus
  21. oke ini rahasia sehat dan cantik ala Zata, follow ah *kedip

    BalasHapus
  22. Mbak...itu bayam ama apel nggak pahit ya kalo dijus? Dominan bayamnya apa apelnya?

    BalasHapus
  23. Informatifff.. Apalagi buat perempuan yang anaknya udah 3, dan umurnya udah kepala 3 (kaya saya gitu) jaga kondisi tubuh itu penting banget. Ibu sebisa mungkin jangan sampai sakit. Makanya olahraga rutin itu penting banget ya mba. Jeleknya aku susah banget buat olahraga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Uci, penting banget jaga kondisi di umur2 segini ;p. Emang susah sebenernya buat konsisten olahraga, tapi ya demi kesehatan, paksain aja ;p

      Hapus
  24. Memang ya kalau nyeri haid atau sakit itu ampunnnn deh... lambaikan tangan ke kamera deh...

    BalasHapus
  25. Wah Abang suka juice hijau y aku belum biasa minum minuman sehat loh mba hahaha entah kenapa minuman tidak sehat rasanya bikin nagih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ijo2 gitu keliatannya aja gak enak loh mba, aslinya enak, kok, segerr..

      Hapus
  26. salah fokus sama lagsana ini bayam nya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang enak soalnya mba, sehat pula :)

      Hapus
  27. pas banget baru sembuh dari sakit, kepala sering pusing mungkin karena kecapean, dapat vitamin ini trus nyobain dan cocok, badan rada segeran

    BalasHapus
  28. Wah hebat mbak zata ini selalu memperhatikan gaya hidup sehat dan menjadi ibu yang bagus juga untuk dicontoh anak, duh jadi pengen juga deh ngajak keluarga agar menjalankan hidup sehat bareng bareng biar sehat sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih usaha juga sih kang buat hidup sehat, banyak banget godaannya soalnya hehhee..

      Hapus
  29. duh, ngilu ngebayangin bekas operasi sesar bisa lengket...
    semoga sehat selalu ya mba :)

    BalasHapus
  30. Duh! Ini sih udah niat lama banget. Tapi niat doang, masih hidup suka2, ntah kapan tobatnya nih. Aku sesar 2x, tadinya masih pengin nambah tapi udah horor membayangkan prosesnya. Entahlah kok di jaman sudah maju seperti sekarang malah proses sesar sering dijadikan bahan war ibu2 pdhl jaman dulu malah dihargai sama seperti cara melahirkan lainnya. Aneh ya kemajuan jaman tidak membuat orang lebih toleran. Tapi yang penting kita semangat untuk sehat ya mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Lusi, tiap ibu kan punya alasannya masing2 untuk pilihan mereka, hormati aja harusnya ya :). Yang penting ibunya sehat dan selalu ada buat keluarganya ..

      Hapus
  31. Perjuangan utk sembuh udah susah jadi harus banget dijaga staminanya saat masa penyembuhan lwt makan seimbang dan multivitamin pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, multivitamin dan mineral seperti Theragran-M ini emang bantu banget..

      Hapus
  32. Ohhh perlengketan? Hmmm aku jadi takut. Bbrp hari ini aku jg sering nyeri dibagian perut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Kalo nyerinya udah pake banget, dan terus2an mending cek ke dokter ..

      Hapus
  33. Ternyata pola hidupnya seperti itu ya Mbak.
    Sejak kapan memulai gaya hidup seperti itu ya Mbak?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah agak lama sih tp gak segitunya juga sih, masih usaha aja, apalagi soal makanan, hehehhe...

      Hapus
  34. itu bener bgt ya kata2 mahatma gandhi... ga peduli sebanyak apapun uang kita, kalo sakit mah percuma aja.. ga bisa diapa2in, malah habis utk berobat -__-.. akupun akhir2 ini udh mulai mikirin kesehatan sendiri mba.. menginga umur juga udh kepala 3 sih ya.. udh gampang pusinglah, kolest udh mulai ada pdhl bdn kurus begini.. ga ngaruh ternyata.. makanya aku udh mulai mikirin makan juga, kurangin yg lemak2.. musim juga lg ga nentu gini, kyknya multivitamin memang wajib bgt hrs ada ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mba Fanny, selain karena usia, aku juga pengen nularin gaya hidup sehat ke keluarga terutama anak2...

      Hapus
  35. Aku selalu tidur lagi abis sholat subuh kalau wiken hahahaha... Kadang kalau ditarik2 Raya baru bangun & ngajakin jalan2 ke tukang sayur. Kebiasaan kurang baik, tapi kadang wiken dah brasa lelah bangeet.. Saat kayak gitu udah tau kl harus minum suplemen, apalagi kalau kondisi lagi ngga enak, theragran-M selalu jadi andalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss dong San, aku juga kalo wiken puas2in tidur tapi ya gitu, gak bener2 bisa tidur juga sih. yess theragran M cucok bgt yah buat kalo abis sakit..

      Hapus
  36. Hai mba Zata, salam kenal yaa
    Healthy lifenya boleh ditiru nih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Azminda, salam kenal juga..yuk sama2 berusaha hidup lebih sehat :)

      Hapus
  37. akhir-akhir ini saya juga jadi mudah banget capek.. keknya perlu nerapin tipsnya mom Zata nih.. (y) (y)

    Thanks Mba..

    BalasHapus
  38. Serem amat Mbak perlengketan bekas operasi sesarnya. Awalnya saya pikir kalo sakit menstruasi itu gara gara posisi rahim saja. Kt y klo bentuk rahimnya kebalik, kalo haid sakit banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, dulu2 gak pernah sakit kalo lagi dapet, pas abis lahiran anak ketiga ini aja baru begitu, itu pun setelah anaknya umur 3 tahunan baru ebrasa...

      Hapus
  39. Serem amat Mbak perlengketan bekas operasi sesarnya. Awalnya saya pikir kalo sakit menstruasi itu gara gara posisi rahim saja. Kt y klo bentuk rahimnya kebalik, kalo haid sakit banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya dan sakitnya itu bukan seperti menstruasi biasa, kadang2 kayak mau lahiran, makanya serem banget, sampe ke dokter untuk ngatasin masalah ini :(

      Hapus
  40. Baru denger sih sebenarnya Theragran-M,,. tapi patut dicoba juga. BTW multivitamin Theragran-M harganya berapa ya mbak zata???

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu amplop isi 4 harganya sekitar 20 ribuan Njar. Wah makasih udah ngingetin Jar, aku akan update soal harga di artikel ini, yah...

      Hapus
  41. Wah ini toh rahasianya mbk zata ketika masa penyembuhan. Kemarin aku habis sakit kalau minum Multivitamin pasti bisa langsung sehat lagi ya mbk zata. Tentu diimbangi dengan olahraga dan makan teratur.
    Terimakasih mbk zata atas informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaa iya, Bowo kan abis sakit, ya.. iya, selain vitamin, makanan sehat sama olahraga juga penting banget di masa penyembuhan Wo...

      Hapus
  42. aku pun klo mens sakit banget mba... jadi pengen ngikutin tips sehat nya.

    BalasHapus
  43. Ada temanku yang sakit kalau menstruasi mba. Emang harus pintar2 jaga kondisi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Lid, harus pinter2 jaga kondisi ..

      Hapus
  44. Wah ini kayaknya vitaminnya asyik banget nih mbak, jadi pengen nyobain deh :)

    Tapi itu tips sehatnya mbak Zata jleb banget siiih pas point 2 dan 3 tidur cukup biar bisa bangun lebih pagi...sementara aku hobinya begadang nge-drama trus bangun kesiangan besoknya sambil grabag-grubug siapin sarapan hahahaha...

    Duh gimana bisa sehat dan kece kayak mbak Zata nih hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah, sama inih, aku juga berjuang banget buat gak begadang ;p

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Nice sharing Mba :) Jadi tau sekilas kesehariannya deh, btw itu jam tidurnya diatas jam 1 itu krn insomnia or emang krn begadang ada yg dikerjain hehe. Saya malah nda bisa begadang orangnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-samaa mba Melll.. emang krn biasa tidur malem, blogging, nonton serial fox crime sampe ngobrol sambil ngpi sama suami, hehehe..

      Hapus
  47. Ahhh...mommy ketje ini selalu cantik dan fit.

    BalasHapus
  48. Mba zata aku baru tau ttg perlengketan pasca operasi caesar. Tips nya oke banget mba, boleh ya aku contek dan terapin tipsnya 😘😘

    BalasHapus
  49. Mba zata aku baru tau ttg perlengketan pasca operasi caesar. Tips nya oke banget mba, boleh ya aku contek dan terapin tipsnya 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh bangettt Aiii..., makasih ya udah mampirrr..

      Hapus
  50. Mantap nih ramuan herbalnya.... bisa dicoba buat istri drumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ramuan herbal yg mana ya mas? :) ini bukan herbal mas, tapi vitamin...

      Hapus
  51. bangun lebih pagi itu perjuangan banget bagi akuu yang kadang susah tidur..huhuh hikss..aku kemarin minum vitamin ini juga pas sembuh dari batuk yg agak berat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan dong kita ya mbaa :)

      Hapus
    2. Aku butuh vitamin ini sprtinya mba... sering lemas dan hilang konsentrasi *_*

      Hapus
  52. Potongan Rambutnya keliaatan jadi lebih fresh #gagalfokus heheh
    aku dari kemarin juga pengen beli theragran lupa melulu kak.
    Soalnya kemarin juga sempat lagi ga fit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihhh :) iya, aku juga pertama kali pake theragran langsung berasa cocok..

      Hapus
  53. Olah raga ini yang males heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang harus maksain diri sih mas Cumi ;p

      Hapus
    2. Iya sech, mesti ada temen nya juga yang kasih semangat.
      Waktu zaman ngantor dulu sempet join CF tapi cuman datang buat mandi dan ngobrol aja

      Hapus
  54. Saya juga udah nyoba Theragran M, mba. Tp olahraganya itu looh... duh, kok males bingit yak. Apalagi ujan ujan gini, enakan di kasur mulu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya mba, emang harus dipaksain, aku pun gitu.. ;p

      Hapus
  55. waw review yang kece dan lengkap :D aku jagoin nih mbak :D mama sehat, keluarga juga ikut sehat tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. awww mba Evrina bikin ge er ahhh, makasih yaaa udah mampir ...

      Hapus
  56. Bangun pagi sama olahraga nih yang susah buat saya, he he he.. tapi makasih banget tipsnya, Mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu pe er banget juga buat saya, kok ;p Sama-samaaa...

      Hapus
  57. Akupun cocok konsumsi Theragran-M, kak
    Semoga kita selalu sehat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinnnn... iya mba Ika, aku cocok kalo minum ini pas lagi masa penyembuhan

      Hapus
  58. Aku juga udah minum Theragran-M ini,dan terbukti tubuhku jadi lebih sehat. Bahkan walaupun dalam keadaan sehat pun bisa tetap di konsumsi karena ini bukan obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan dong mas.. emang bagus sih ya produk ini..

      Hapus
  59. Sehat selalu ya, Mbak... semoga ngga sakit-sakit lagi perutnya...

    BalasHapus
  60. Wahaha, jalan ke dapur terus lupa mau ngapain << aku banget..

    Demen begadang n ngopi << ini juga aku banget.. jangan-jangan kita jodoh mbak?? Wkwkwk

    BalasHapus
  61. Beneer, penting banget jadi mama yang sehat ��

    Kurangi begadang lagi sering dilanggar nih beberapa minggu ini ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah emang ya kalo kerjaan kayak kita ngurangin begadang Cin ;p

      Hapus
  62. Semoga sehat selalu mbak, ibunya sehat pasti keluarganya juga sehat..

    BalasHapus
  63. mbak, aku penasaran dengan lasagna isi bayamnya,, ada resep?

    BalasHapus